Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Beli eSIM Smartfren Dari Aplikasi Dana Cuma 50rb Sudah dapat paket data 12Gb+6Gb


eSIM adalah semacam kartu SIM yang tersembunyi di dalam perangkat elektronik, seperti ponsel atau jam pintar. Bedanya, eSIM tidak perlu lagi dipasang secara fisik seperti kartu SIM tradisional yang harus dimasukkan ke slot khusus. Sebaliknya, informasi kartu SIM seperti nomor telepon dan data operator jaringan sudah ada di dalam perangkat secara bawaan. 

Kamu bisa mengaktifkan layanan seluler hanya dengan mengunduh profil operator yang kamu inginkan. Keuntungan dari eSIM adalah kamu tidak perlu lagi mengganti kartu fisik jika ingin ganti operator atau menggunakan perangkat lain. Cukup dengan mengatur pengaturan eSIM, kamu bisa dengan mudah beralih antara operator tanpa repot mengganti kartu fisik.

Selain kemudahan dalam beralih operator, eSIM juga memberikan fleksibilitas tambahan. Kamu bisa menggunakan satu nomor telepon untuk beberapa perangkat, misalnya ponsel dan smartwatch, tanpa perlu kartu SIM terpisah untuk setiap perangkat. Dengan eSIM, kamu dapat mengelola profil operator secara digital, mengunduhnya secara online, dan mengaktifkan layanan seluler dengan cepat. 

Hal ini sangat praktis saat kamu melakukan perjalanan ke luar negeri, karena kamu bisa dengan mudah mengaktifkan profil operator lokal tanpa harus mencari kartu SIM fisik di tempat tujuan. eSIM membawa kemudahan dan kenyamanan dalam pengaturan layanan seluler, menghilangkan keterbatasan fisik dari kartu SIM tradisional, dan memungkinkan kamu untuk lebih fleksibel dalam menggunakan perangkat elektronikmu.

Layanan esim pertama kali dikenalkan di indonesia oleh operator telekomunikasi Smartfren. Dan baru-baru ini layanan esim smartfren bis dengan mudah dibeli secara online melalui aplikasi "Dana". Tanpa harus membeli kemasan fisik maupun datang langsung ke Galeri Smartfren. Berikut ini langkah untuk membeli nomor esim smartfren pada smarthpone anda.

1. Silahkan anda unduh aplikasi dana kemudian mendaftar akun serta melakukan top-up saldo dengan nominal minimal Rp. 50.000. Kemudian pilih menu "My Smartfren" Pada aplikasi dana.

2. Chose Sim Type - Kita pilih menu eSIM kemudian untuk "combo pakage" silahkan pilih sesuai kebutuhan. Untuk saya lebih menyarankan memilih menu Nonstop "Unlimited Nonstop" dengan harga hanya IDR 50.000 saja.

3. Selanjutkan pastikan seri ponsel anda support untuk menggunakan esim, lebih jelasnya periksa daftar perangkat yang mendukung esim. Untuk seri smartphone yang support sudah tertulis pada bagian bawah aplikasi. Untuk saat ini baru mendukung perangkat iPhone dan Samsung saja.
4. Lalu pilih lanjutkan, dihalaman ini kita sudah mulai tahap pembelian esim dengan paket tambahan berupa paket data selluler sesuai dengan menu paket yang kita pilih pada langkah nomor 2 tadi. Saran saya silahkan pilih sesuai kebutuhan atau yang paling murah saja dengan harga IDR 50.000.

5. Langkah berikutnya adalah memilih nomor esim smartphone anda. Pada bagian ini kita diberikan beberapa nomor gratis namun acak, atau kita bisa memilih nomor cantik sesuai yang sudah disediakan. Khusus untuk nomor cantik tidak gratis, harga untuk nomor cantik juga sudah disebutkan pada halaman ini.
6. Setelah anda memilih menu lanjutkan pada langkah nomor 5, kemudian pada halaman ini anda akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi seperti nama lengkap anda, email, dan nomer whatsapp yang saat ini digunakan (sebutkan nomor wa aja walaupun bukan nomor smartfren).
7. Setelah pesanan dibuat silahkan anda cek lagi pesanan anda, pastikan tidak ada kesalahan sebelum melakukan pembayaran untuk membeli esim smartfren. Kalo sudah betul dan tidak ada koreksi lagi silahkan lakukan pembayaran.
8. Untuk pembayaran tentu saja dipotongkan dari saldo dana yang sudah anda top-up pada aplikasi dana tersebut. Maka setelah pembayaran selesai anda akan mendapat transaksi detail dari pembayaran anda.
Sampai pada tahap ini pembelian nomor esim smartfren beserta tambahan paket data seluler sudah selesai. Jika tadi anda memilih nomor gratis, maka biaya pembelian nomor esim smartfren hanya dibebankan pada tambahan paket data seluler yang anda pilih saja. Langkah berikutkan adalah aktivasi nomor esim yang sudah anda beli melalui aplikasi pada pada smartphone anda.

9. Setelah pembayaran selesai pihak smartfren akan mengirimkan beberapa email baik itu konfirmasi pembelian ataupun langkah aktivasi kartu dari akun email noreply-digitalonboarding@smartfren.com. Langsung saja buka email dan cari email masuk dengan judul "Selamat, pembayaranmu sukses, Registrasi yuk !", Kemudian pilih menu "Continue Registration".

10. Kemudan akan dialihkan ke halaman aktivasi esim smartfren. Pada halaman tersebut anda diminta untuk memasukkan NIK KTP dan NIK KK. Silahkan gunakan dokumen resmi anda. Kemudian centang dibagian "Saya Menyetujui" dan klik menu "Activate".
11. Aktivasi tidak membutuhkan waktu lama. Setelah aktivasi selesai silahkan periksa kembali kotak masuk email anda, kemudian cari email dari noreply-digitalonboarding@smartfren.com dengan judul email "Yuk gunakan eSIM-mu, Scan QR Code disini". Anda akan menerima QR Code untuk mengaktifkan nomor esim anda.
12. Langkah berikutkan menggunakan ponsel anda, pastikan ponsel anda terhubung ke jaringan internet baik itu menggunakan wifi ataupun data seluler. Kemudian anda bisa masuk pengaturan pada ponsel anda, cari bagian data seluler kemudian bisa cari paket seluler tambah paket seluler atau tambah esim. Kemudian pilih menu QR Code untuk memindai QR Code yang sudah diberikan melalui email pada langkah nomor 11 diatas.

13. Selanjutnya arahkan kamera ponsel anda untuk memindai QR Code yang akan langsung menuju proses peng-aktifan nomor esim smartfren yang sudah anda beli.
14. Untuk aktivasi mungkin membutuhkan beberapa menit, pada tahap ini akan ada proses loading pada ponsel anda dan ini sangat wajar. Setelah esim aktif akan muncul keterangan seperti pada gambar dibawah ini.
15. Lakukan restart satu kali pada ponsel anda, atau untuk pengguna iphone bisa matikan sejenak ponsel anda dan nyalakan kembali. Maka otomatis esim sudah aktif pada ponsel anda. Apabila anda juga menggunakan sim fisik maka akan muncul dual sinyal pada bagian indikator sinyal ponsel anda. Selamat esim sudah aktif pada ponsel anda.

eSIM Smartfren adalah layanan eSIM yang disediakan oleh operator telekomunikasi Smartfren di Indonesia. Dengan eSIM Smartfren, pengguna dapat mengaktifkan layanan seluler Smartfren tanpa perlu menggunakan kartu SIM fisik. Proses pengaktifan dilakukan secara digital melalui perangkat yang kompatibel dengan eSIM.

Dengan eSIM Smartfren, pengguna dapat dengan mudah mengelola profil operator Smartfren mereka secara digital. Mereka dapat mengunduh profil operator Smartfren langsung ke perangkat yang mendukung eSIM, seperti ponsel pintar atau jam pintar yang kompatibel. Pengguna dapat mengaktifkan layanan seluler Smartfren hanya dengan beberapa langkah sederhana tanpa perlu memasukkan atau mengganti kartu SIM fisik.

Keuntungan menggunakan eSIM Smartfren adalah kemudahan dalam beralih perangkat atau mengganti perangkat tanpa harus menukar kartu SIM. Pengguna dapat menggunakan profil operator Smartfren yang sama di beberapa perangkat yang mendukung eSIM, seperti ponsel pintar dan jam pintar, dengan menggunakan satu nomor telepon yang sama. Ini memberikan kenyamanan dan fleksibilitas tambahan bagi pengguna untuk mengatur layanan seluler Smartfren mereka dengan cara yang lebih praktis.

Penting untuk memastikan bahwa perangkat yang digunakan mendukung teknologi eSIM dan kompatibel dengan layanan eSIM Smartfren sebelum memanfaatkannya.