Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Root Xiaomi Mi A2 Lite Permanen dengan Magisk


Di era persaingan pasar pabrikan android semakin kreatif untuk membangun OS dan mengkreasikan sistem sesuai dengan khas masing-masing merek, namun xiaomi justru hadir dengan beberapa seri dengan OS bawaan berupa android asli atau pure android. Mungkin salah satu alasanya karena xiaomi menjawab permintaan penggunanya yang sudah bosan dengan tampilan UI MIUI dengan se-abrek aplikasi bawaan bahkan juga bloatware, yang mana aplikasi tersebut digunakan dan hanya jadi sampah mata serta mengurangi kapasitas storage yang tersedia. Memang alasan tersebut sangat logis, dengan membawa OS pure android dengan sangat minim sekali aplikasi bawaan xiaomi jadi lebih memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memilih aplikasi yang hanya diperlukan oleh para pengguna yang menggunakan OS pure android tersebut.

Xiaomi Mi a2 lite dengan os pure android atau yang lebih dikenal dengan sebutan android one memang kurang mantab apabila tidak di oprek sistem dan aplikasinya. Bagaimana tidak, kita di berikan OS yang benar-benar murni open sourche dari android dengan tampilan sederhana yang kadang membosankan. Bahkan tampilan UI android one terkesan seperti tampilan UI pada android merek murah yang beredar di pasaran, secara tampilan mungkin memang terkesan murah tapi karena OS android one ini pure android tanpa aplikasi bawaan verndor pabrikan handphone tersebut, menjadikan kinerja device justru semakin bagus dan maksimal.

Namun tidak jarang beberapa pengguna merasa bosan dengan tampilan yang monoton, wajarlah namnya juga manusia pasti ingin suasana berbeda. Biarpun OS pure android ini memberikan kebebasan kepada usernya untuk berkreasi namun untuk akese root tetap saja harus dilakukan modifikasi sendiri oleh penggunanya. Tentu saja pihak vendor tidak mau mengambil resiko dengan memfasilitasi akses root bawaan pabrik, karena bagaimanapun juga membuka akses root pada device android apapun itu merek nya tetap beresiko bagi data pengguna dan sistem device tersebut.



Bagi pengguna yang sudah siap dengan segala resiko root pada device android mi a2 lite silahkan untuk melakukan rooting. Tapi ingat, apabila ada kerusakan silahkan ditanggung sendiri, mungkin jika kerusakan sistem masih bisa di perbaiki dengan melakukan flashing ulang firmwarenya, akan tetapi data-data didalam internal storage tetap akan hilang jika tidak mempersiapkan untuk mem-backup pada online cloud sebelumnya. Bagi yang sudah siap untuk root silahkan simak tutorial ini sampai dengan selesai.

Sebelum melakukan root handphone sudah harus terinstal custom recovery terlebih dahulu. Dengan custom recovery tersebut kita akan menginstal file root dengan ekstensi file .zip dalam tutorial ini kita akan menggunakan magisk. Bagi yang device Mi a2 lite nya belum terinstal custom recovery silahkan simak tutorial cara instal custom recovery twrp pada link dibawah ini.
INSTAL TWRP XIAOMI MI A2 LITE : KLIK DISINI
Kemudian untuk menginstal custom recovery TWRP pada xiaomi mi a2 lite, kita membutuhkan handphone dalam kondisi terbuka bootloadernya. Untuk bootloader ini memang terkunci sejak dari pabrikan dan pembelian baru, sehingga untuk membuka bootloader nya atau yang lebih dikenal dengan sebutan UBL kita harus melakukanya sendiri. Untuk yang belum terunlock bootloadernya silahkan simak cara UBL pada tutorial dengan link dibawah ini.
CARA UBL XIAOMI MI A2 LITE : KLIK DISINI
Setelah kondisi handphone siap dalam artian sudah terunlock bootloader sudah terinstal custom recovery TWRP, selanjutnya silahkan eksekusi proses root pada xiaomi Mi A2 Lite. Sebelumnya pastikan lagi step-step sudah sesuai dengan langkah pada tutorial ini, dan sudah siap dengan segala resiko pada data handphone anda. Silahkan download aplikasi root nya pada link dibawah ini.
MagiskManager-v7.5.1.apk : SERVER1 atau SERVER2 atau SERVER3
Magisk-v20.3.zip : SERVER1 atau SERVER2 atau SERVER3
Magisk-uninstaller-20200110.zip : SERVER1 atau SERVER2 atau SERVER3
Silahkan download semua file root diatas kemudian jadikan dalam satu folder agar mudah mencarinya. Selanjutnya silahkan simak cara eksekusi root pada xiaomi Mi A2 lite pada tutorial video dibawah ini.


Mudah-mudahan tutorial diatas membantu, jangan lupa sisihkan sedikit hasil nota anda untuk amal agar rizki kita semua tetap lancar jaya, jangan lupa juga subscribe channel MAGELANG FLASHER untuk update tutorial selanjutnya.Silahkan berikan komentar anda pada kolom komentar di bawah video untuk koreksi. Mudah-mudahan bermanfaat



Jangan lupa subscribe juga channel Vlog saya untuk informasi tempat nongkrong dan wisata asik seputar Jateng DIY
Subscribe : https://www.youtube.com/jundav?sub_confirmation=1
Facebook : https://www.facebook.com/magelangflasher
Twitter     : https://twitter.com/jundab
Buy me a cup of coffe : paypal.me/jundab

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
Do you want to test your English skills? : http://bit.ly/2GpSaMn
Email Untuk Kerjasama : jundab@icloud.com